Kamis, 14 Juni 2012

Mail Merge

Jakarta, 10 Juni 2012
Kepada Yth :
Ratna Tri Utami
Manajer Keuangan
Jl. Mawar no.16 Jakarta Timur

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara peringatan ulang tahun perusahaan, maka bersama ini kami mengundang seluruh Manajer PT. Makmur untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Selasa, 12 Juni 2012
Waktu : 09.00 – 11.00 WIB
Tempat : Ruang Mawar
Demikian undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara ini maka Bapak/Ibu dimohon hadir tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Ketua Panitia


Putra Aditya

Tutorial membuat mail merge pada Open office


  1. Pertama buatlah sebuah surat

  1. pilih menu tools > mail merge wizard

  1. Tahap pertama yaitu pilih menu start from existing document
lalu pilih Use the current document > next



  1. Setelah itu klik Select Document Type dan pilih letter

  1. Selanjutnya klik next dan akan muncul option Insert addres Block lalu pilih Menu Select Addres List

  1. Pada menu Select Addres List > Create > Cuztomize kemudian hapus daftar tersebut sampai habis lalu pilih Add untuk membuat folder baru yaitu Nama, Jabatan dan Alamat setelah selesai folder dibuat lalu tulis folder tersebut sesuai yang diperintahkan lalu save folder Table tersebut dan table tersebut disave dengan nama yang diinginkan contohnnya “Dokumen”.



  1. Setelah itu balik kemenu Insert Addres Block lalu buka menu More dan Match Field lalu edit menu tersebut sesuai apa yang kita inginkan

  1. Selanjutnya pada Create Salutation jangan beri centang di menu tersebut jika ingin mengedit menu lalu Next ke tahap selanjutnya.





  1. Lalu di menu Adjust Layout edit menu tersebut sesuai yang kita inginkan setelah selesai lalu Next ke tahap selanjutnya.


  1. Di tahap Edit document kita bisa mengedit dokumen yang telah kita buat jika ada kesalahan bisa mengeditnya setelah selesai lalu pilih next dan ketahap selanjutnya.

  1. Lalu pada pilihan save, print or send pilih save starting document untuk menyimpan dokumen lalu finish.




1 komentar:

  1. Terima kasih untuk pencerahannya. Ilmu yg tampak remeh tapi sebenarnya sangat bermanfaat.
    Salam. 8-)

    BalasHapus